16 May 2020

DAMPAK COVID19 TERHADAP DUNIA KICAU MANIA


Dengan merebaknya virus covid19 atau virus corona di Indonesia yang semakin hari semakin bertambah maka pemerintah dengan sigap menerapkan aksi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sebagai pencegahan penularan virus covid19.  Kebijakan PSBB itu diatur dalam PP Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19 yang diteken Presiden Joko Widodo. Selanjutnya, pelaksanaan PP itu diturunkan dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman PSBB.


www,lensalovebird.com


Dengan adanya kebijakan PSBB tersebut disektor para penghoby kicau mania di tanah air sangat merasakan dampak yang cukup luar biasa, karena agenda lomba dan agenda kopdar sesama penghobi otomatis tidak bisa berjalan karena adanya kebijakan PSBB yang melarang adanya kegiatan yang bersifat mengumpulkan masa dalam jumlah yang banyak, dampak lainnya yang juga dirasakan adalah turunnya omset para pedagang burung yang mangkal di pasar-pasar hewan di hampir semua daerah di Indonesia, karena menurunnya aktifitas jual beli di pasar hewan.

Jika di analisis secara ekonomi sebenarnya ada milyaran uang yang berputar di dunia kicau mania, mulai dari aktifitas jual beli, aktifitas lomba dan keorganisasian dan aktifitas produksi perlengkapan burung, dengan adanya dampak covid19 maka secara otomatis sangat berdampak lesunya perekonomian yang berputar didalam bisnis kicaumania. Salah satunya cerita merosotnya omset kios pakan burung milik edi yang berlokasi di banyumas, edi menuturkan sebelum adanya wabah corona omset harian yang bisa ia peroleh berkisar antara 500-600rb, namun setelah adanya dampak corona dan banyak dari lomba burung yang diliburkan maka omset nya menurun drastis hingga 70%. Edi dan keluarganya hanya bisa pasrah dan berdoa semoga wabah virus corona segera berakhir agar kondisi kembali membaik.





                     PENYEBAB LOVEBIRD NGETIK-NGETIK DIGANTANGAN

Share this

1 Response to "DAMPAK COVID19 TERHADAP DUNIA KICAU MANIA"