25 February 2018

Telur Lovebird Tidak Menetas Apa Penyebabnya

Penyebab Telur Lovebird Tidak Menetas - LensaLovebird  Banyak hal telah dijalankan para sobat kicau untuk beternak loebird, mulai dari memilih indukan yang baik untuk lovebird, mempelajari cara dan tips menjodohkan lovebird, hingga mempelajari cara beternak lovebird yang baik. Namun ketika lovebird kita sudah memiliki pasangan dan sudah betelur, merupakan saat yang membahagiakan pemilik burung, karena jika sampai menetas bisa dipastikan kita sebagai pemilik akan mendapatkan keuntungan. Telur lovebird yang normal atau yang telah dibuahi pejantannya akan menetas setelah melalui masa pengeraman yaitu sekitar 22 - 24 hari. Kurang lebih sekitar 3 minggu dari telur yang pertama kali menetas.

Saya sering mendengar pertanyaan Burung lovebird ku bertelur tetapi tidak mau menetas? Apa yang menyebabkan telur pada burung lovebird kita gagal menetas padahal sudah di erami atau angkrem (dalam bahasa jawa) selama 24 hari. Tentunya sangat mengecewakan bukan? karena penantian panjang kita selama masa pengeraman ternyata sia sia.


Kurniawanjaka.blogspot.com


Berikut ini ada beberapa sebab yang menyebabkan telur lovebird tidak menetas



Penyebab telur lovebird gagal menetas


1.   Indukan Lovebird Kawin Tapi Tidak Ngisi

Jika indukan lb sudah terpantau kawin namun masih tetap tidak mengisi. Kita bisa melakukan pengamatan terlebih dahulu. Apakah perkawinannya sempurna? perkawinan sempurna dalam hal ini adalah mengenai durasi atau lama tidaknya proses kawinnya. Berikut ini ada beberapa hal yang mempengaruhi proses kawin lb.

Penyebab indukan lb sudah kawin namun tetap belum mengisi

·         Tangkringan tidak nyaman 

Yang sangat berpengaruh pada proses kawin adalah bentuk tangkringan yang tidak nyaman, biasanya terlalu licin atau terlalu kecil sehingga betina tidak bisa mencengkeram dengan baik yang mengakibatkan proses kawinnya tidak sempurna. 
  • Pakan lovebird yang kurang bergizi
Salah satu penyebab perkawinan lovebird belum mengisi adalah pakan yang tidak bergizi. Pemberian pola pakan yang baik akan mempercepat proses produksi. Pada saat sedang masa kawin di anjurkan memberikan ekstra fooding seprti sayur kangkung untuk meningkatkan birahi lb dan juga jagung muda untuk menambah stamina dan tenaga lovebird selain itu pemberian vitamin tambahan juga bisa dilakukan untuk mempercepat proses produksi dan meningkatkan kualitas telur.
  • Durasi kawin nya terlalu cepat atau sebentar
Selain itu jika lb kita sudah terlihat kawin namun proses kawinnya tidak laoma kita bisa melakukan terapi jemur. Untuk mengatasi hal tersebut Kita bisa melakukan penjemuran satu sampai dua jam setiap pagi selama 3 - 5 hari untuk meningkatkan stamina agar bisa menambah tenaga dan durasi kawinnya. Karena jika kawinnya terlalu sebentar biasanya kualitas spermanya kurang baik sehingga mengakibatkan telur tidak mengisi walaupun sudah kawin.
  • lovebird sudah kawin sempurna dengan durasi lama 
Jika indukan sudah terpantau kawin dengan sempurna dengan durasi yang lama maka ada kemungkinan indukan jantan mandul. Biasanya terjadi pada indukan import yang terkadang sudah di suntik sterill sehingga tidak bisa berproduksi. Makannya hati hati kalau membeli lb import harganya lebih murah namun kita tidak tahu kalau burung tersebut subur atau mandul. Jika terjadi demikian sebaiknya mengganti indukan jantannya.


2. Indukan Betina Tidak Mengerami Telur


Faktor yang menyebabkan indukan lovebird betina tidak mau mengerami telurnya
  • Indukan lovebird over birahi
Pada saat masa pengeraman sebaiknya pola pakan diatur sedemikian rupa. Untuk menjaga birahi lb agar tetap stabil kita bisa menyetop pemberian kangkung untuk sementara dan cukup diberi milet putih saja. Karena jika indukan overbirahi maka lb akan kawin terus sehingga telurnya tidak akan di erami.
  • Indukan lovebird Stress
Lovebird adalah burung yang sangat sensitif dan sangat menjaga wilayah teritorinya sendiri. Jika ada yang mengganggu pasti akan melindungi sarangnya agar tetap aman. Apalagi di saat sedang mengerami telur, jika ada gangguan pasti akan menjadi galak. Gangguan ini bisa berasal dari luar dan dari dalam.


  • Gangguan dari luar glodok :

Lingkungan sekitar yang berisik , Kandang ternak berada di tempat ramai atau sering di lewati orang, Pintu glodok sering dibuka karena pemilik burung penasaran ingin melihat telurnya.


  • Gangguan dari dalam glodog :

Suhu di dalam glodok terlalu panas, Sarang tidak bersih, banyak semut, kecoa, dan hewan lainnya, Glodok yang tidak nyaman.

Jika salah satu hal diatas ada yang dilakukan biasanya lovebird akan merasa terganggu dan menjadi tidak nyaman yang menyebabkan tidak mau mengerami telurnya. Namun karakter lb itu berbeda beda kadang kala ada yang sangat acuh walaupun di ganggu akan tetap mengerami telurnya.




Gambar telur lovebird ngisi jika diteropong dengan menggunakan senter


Mulai dari telur dapat kita teropong dengan menggunakan senter apakah telur isi atau tidak

Nah ketika lovebird sobat kicau sudah berhasil menetaskan telurnya dan memiliki anak, maka sobat kicau perlu mempersiapkan lovebird baby atau paud tersebut biar jadi lovebird yang bagus dan mampu ngekek panjang. Nah untuk tips rawatan Lovebird baby atau paud agar mampu ngekek panjang bisa sobat kicau baca DISINI








Share this

0 Comment to "Telur Lovebird Tidak Menetas Apa Penyebabnya"

Post a Comment