15 April 2018

Peraturan Lomba Lovebird Terbaru Dari BNR


Patren Peraturan Lomba Lovebird Terbaru Dari BNR 2018




Demam burung lovebird sedang melanda indonesia, mulai dari kekean hingga warna, semua lengkap tersedia arena kontes dan lombanya. Sobat kicau pecinta lovebird pasti sudah tidak asing dengan lomba LB khususnya kelas kekean, pada setiap gelaran lomba pasti dipenuhi peserta pada setiap kelasnya mulai dari lomba lovebird kelas paud atau balibu hingga lomba LB kelas dewasa, semua pasti full peserta, sehingga membuat sobat kicau berlomba-lomba bagaimana menciptakan lovebird jawara. Selain bulunya yang cantik, serta kicauannya yang indah yang juga disebut dengan suara ngekek. Lovebird yang memiliki kicauan yang baik jika lovebird tersebut mampu bersuara ngekek dengan durasi panjang, melakukannya secara terus menerus, dan juga yang miliki kicauan yang paling indah.
Perlombaan lovebird terbagi menjadi 2 jenis lomba. Yaitu lomba itu lovebird dewasa dan lomba untuk lovebird baby. Keduanya memiliki aturan yang sama.



kurniawanjaka.blogspot.com
sumber : IG @bangboybnr



Penilaian Lomba Lovebird Dewasa Pada Event BnR 2018



Peniliaan lovebird dewasa dengan memberikan media kartu. Berikut adalah penilaiannya :
  • ·         Jika mendapatkan kartu kuning, berarti mendapatkan poin 10. Dengan kriteria durasi ngekek 5-10 detik.
  • ·      Jika mendapatkan kartu biru, maka akan mendapatkan poin 25. Dengan kriteria durasi ngekek 11 hingga 20 detik.
  • ·       Jika mendapatkan kartu merah, maka poin semakin besar yaitu 50. Jika ingin mendapatkan poin ini, maka Lovebird harus memiliki durasi ngekek 21 hingga 49 detik.
  • ·    Jika mendapatkan kartu merah kuning, maka poin semakin besar didapatkan yaitu 200 poin. Dengan kriteria durasi ngekek 50 detik, tetapi volume suara tipis.
  • ·      Jika mendapat kartu merah dan biru, poin 600 akan didapatkan. Dengan kriteria durasi ngekek yang sama yaitu 50 detik. Namun volume suara kasar tidak tipis.



Penilaian Lomba Lovebird Baby Pada Event BnR 2018




Penilaian lomba lovebird baby tentunya sedikit memiliki perbedaan dengan lomba lovebird dewasa. Hal ini dikarenakan lovebird baby tentu belum memiliki suara ngekek yang belum terlalu oke daripada lovebird dewasa.
Maka dari itu, prasyaratan untuk mendapatkan poin pada lomba ini sedikit lebih mudah. Namun, skor poin yang didapatkan juga lebih kecil. Berikut ino adalah sistem penilaiannya yang harus diketahui :

1. Diberikan Kartu Putih
Jika peserta diberikan Kartu Putih menandakan bahwa peserta mendapatkan skor 2. Tentu saja peserta yang mendapatkan kartu ini adalah peserta yang memiliki burung dengan suara yang kurang ngekek atau asal bunyi.

2. Diberikan Kartu Kuning
Jikalau kartu kuning yang diberikan berarti peserta tersebut mendapat poin 5. Poin tersebut bisa peserta dapatkan ketika lovebird yang dimilikinya memiliki durasi ngekek selama 2 hingga 5 detik.

3. Diberikan Kartu Biru
Kartu biru diberikan maka peserta mendapatkan poin 25. Mendapatkan poin 25 berarti peserta harus memiliki lovebird yang bisa mengekek selama 6 hingga 10 detik.

4. Diberikan Kartu Merah
Jika peserta mendapatkan poin 100 yang merupakan poin yang paling besar. Jika ingin mendapatkan poin sebesar itu maka lovebird harus ngekek selama 11 hingga 20 detik. 




Yayasan BnR Indonesia telah menerapkan sistem penilaian baru dalam perlombaan Love Bird. BnR menggunakan papan di setiap bloknya dan nomor setiap blok yang terlihat oleh para peserta lomba.
BnR menggunakan kartu yang ditempelkan pada setiap nomor di papan saat Love Bird tersebut berbunyi. Pihak juri akan bergeser setiap bloknya dan memutarnya secara rata untuk setiap blok.

Jadi pada sistem ini setiap peserta dapat melihat secara langsung berapa nilai yang diberikan oleh juri BnR saat burungnya berbunyi. Peserta dapar melihatnya langsung dipapan blok dan setiap blok terletak papan yang disesuaikan dengan nomor gantangannya.
Sistem ini resmi digunakan oleh BnR Indonesia sebagai inovasi yang membuat penilaian lomba lebih transparan. Tentu saja semoga peraturan terbaru ini dapat diterima dan menjadi kepuasaan bagi pecinta Love Bird sendiri.

Itulah sedikit ulasan tentang penilaian lomba lovebird terbaru dari BnR semoga bermanfaat bagi sobat kicau yang sedang mempersiapkan turu dalam event lomba dikelas BnR.





                          Milet Racikan Pendongkrak Durasi
       





Share this

1 Response to "Peraturan Lomba Lovebird Terbaru Dari BNR"

  1. Apakah ada rahasia khusus agar burung LB menjadi ngekek yang panjang.. ?

    ReplyDelete