18 March 2018

MENENTUKAN KARAKTER LOVEBIRD AGAR LB KONSLET DAN NGEKEK PANJANG

Cara Memahami Karakter Lovebird Dan Setelan LB Berdasarkan Karakter -  LensaLovebird


Banyak sobat kicau yang bermain lovebird lomba akan tetapi memiliki masalah seperti masih bingung tentang settingan harian atau setingan lomba lovebird ke orang orang yg lbnya sering juara? Sebenarnya untuk perawatan lovebird tidaklah rumit jika sobat kicau memahami karakter lovebird sobat, setiap lb memiliki karakter yang berbeda-beda karakter lovebird paruh putih berbeda dengan karakter lovebird paruh merah, karakter lovebird pastel hijau akan berbeda dengan karakter lovebird pastel putih dan seterusnya. Ketika sobat ingin membuat lb nya moncer dan ngekek panjang makan harus dipahami terlebih dahulu karakter lovebird sobat, jangan hanya asal tanya2 settingan ke orang lain begitu terus diulang ulang ga ada abisnya si A bilang harian krodong oke laksanakan lalu tanya si B harian ablak lahh bingung kan oke harian ablak tanpa krodong lalu ketemu si C. Dia bilang harian di full krodong oke balik lagi full krodong.  Si A bilang kalo mau moncer rajin mandi malem oke mandi malem lalu ketemu si B. Dia bilang jangan mandi malem nanti ciak bulu karena takut akhirnya ga mandi malem lalu ketemu si C. Dia bilang biar birahi stabil harus mandi malem mulai dilema ini oke mandi malem

kurniawanjaka.blogspot.com



Pernah kaya gitu? Dan masih ngeyel tanya settingan LB orang buat di terapin di LB kita?

STOP sekarang juga jangan jadi orang malas pahami LB dengan dalih "SIAPA TAU COCOK"  ini nih jurus "siapa tau cocok" biasanya sering digunakan buat mengumpat orang orang yg memberi saran supaya belajar pahami LB masing masing. Kalo ga dikasih langsung bilang PELIT ILMU..lucu kan?

Tips mengenali karakter lb kita


Pengenalan karakter biasanya bisa dimulai setelah LB beradaptasi dengan lingkungan sekitar disini mencakup Suasana (tenang atau ramai, banyak gangguan atau minim gangguan. Dll). Suhu lingkungan(Panas atau Dingin). Nah bila sekiranya lb sudah beradaptasi dengan baik ambillah contoh udah dirawat sebulan dia udah kenal dengan siapa yg ngerawat, bagaimana suasananya dan sudah mulai merasa aman. Kita bisa mulai mencoba memahami bagaimana karakter lb tsb.


1. MAKANAN

Ada yg bilang makanan bukan termasuk di dalam karakter ya silahkan kalo di manusia ada yg karakternya suka pedas pokoknya kalo engga cabe 1 truk belum pedas. Ada yg baru 1 cabe udah minta minum 1 galon nah jadi minta ijin nih buat masukin jenis makanan kesukaan di dalam karakternya

Caranya sih simpel aja berikan makanan lengkap milet putih, milet merah, kenari seed, kuaci, gabah bangkok. dll. Lalu amati selama seminggu, semisal dia makan milet putih 50 poin lalu 30 poin dia suka kenari seed dan 20 poin dia suka kuaci, nah lalu kita sesuaikan dengan lingkungan tempat tinggal semisal nih kita tinggal di daerah pegunungan yg dingin, kita bisa berikan 1kg millet putih dan 100gr kenari seed sebagai makanan tambahan dan kuaci sebagai EF. Lalu berikan ef berupa sayur biasanya jagung, kangkungt timun, sawi dll. 

Coba mana yg dia suka mana yg hanya digigit lalu dibuang, kalo udah ketemu ya berarti itu EF sayur yg cocok buat dia. EF biasanya sebagai setelan persiapan lomba. Pelajari juga di GOOGLE kandungan dan manfaat tiap jenis makanan, kalo ada yg belum paham baru deh tanya ama yg berpengalaman, jadi ini seperti mau belajar harus tau dulu nih ilmu yg mau dipelajarin apa. Semisal mau tanya manfaat daun mengkudu, daun krokot, daun binahong baiknya googling dulu.  Kalo belum paham atau ga ada baru deh tanya ama yg pengalaman pakai itu karena saya liat hampir tiap hari ada aja pertanyaan sama tentang makanan.


2. PENJEMURAN

Penjemuran berperan penting dalam menjaga kesehatan lb cuma ga semua lb suka dijemur ada yg birahi naik kalo di jemur ada juga yg malah birahi drop kalo di jemur ada yg rajin ngekek kalo rajin di jemur ada yg malah males2an kalo rutin di jemur. Nah ini pinter2nya kita memahaminya, sebagai tips biasanya saya selalu menjemur LB sekuat dia, cirinya kalo udah gelisah atau udah ngos2an langsung angkat dan di taruh di tempat teduh, lakukan seminggu nanti kita bakalan paham kekuatan dia menahan panasnya sinar matahari dan juga pengaruhnya ke LB masing masing.


3. MANDI

Pernah mengalami masalah OB? mandi jadi solusi favorit LB mania dlm menurunkan birahi, tapi apakah 100% bener menurunkan birahi? Belum tentu. Pernah mengalami atau bahkan denger ada tmn yg LB nya OB dan udah dimandiin 3-5x sehari tapi ga turun2 birahinya? Sampe dimandiin pake air es ga mempan, air hujan ga mempan, jangan mengharapkan hasil yang berbeda melalu tindakan yang sama secara berulang ulang. 
Bagaimana jika ternyata dia malah suka ga mandi? Atau pengen mandi sesukanya? Atau pengen dimandiin tapi hanya seminggu sekali? jawabannya ya yg punya LB yg harus cari tau. Mandi sendiri banyak caranya setau saya mulai dari lb mandi sendiri semprot halus, dipegang dan di basuh air, di pegang dan mandiin melalui air keran, mandiin air hujan dan mungkin masih banyak lg. Waktunya juga berpengaruh ada yg suka mandi pas subuh sebelum jemur setelah jemur mandi malem hasilnya pasti beda2.


4. ISTIRAHAT

Ini mencakup banyak faktor yaa tp kita sederhanakan saja, ada yg suka istirahat di krodong, ada yg ga suka, ada yg pengennya diasingin, ada yg malah suka di tempat rame suara lb, baru denger lb tidur sambil ngeriwik dia langsung ikut tidur sambil ngeriwik. Nah waktu2 istirahat juga penting diketahui umumnya malam hari banyak lb mania yg mengkrodong buat istirahat tp ada juga yg waktu mau lomba H-1 malam hari ga di krodong dan akan di korodong pada pagi harinya, ada yg harus full krodong double biar dia mau tidur kalo engga bakalan sering ngekek seharian ga capek capek..


5. BIRAHI

Ini termasuk hal penting dlm dunia lomba LB, tingkat birahi yg pas akan mempengaruhi kinerja lb di gantangan. Pelajari dengan teliti apa yg menyebabkan birahi lb kita naik, apa yg bisa menurunkannya, masing masing LB berbeda2 penanganannya. Ada yg jemur bikin birahi, tapi ada juga yg malah turun birahinya, ada lb betina yg birahi tinggi kalo ketemu jantan, ada juga yg sering tempel jantan tapi birahinya lempeng lempeng aja, ada yg dikasih kangkung dikit langsung birahi, ada juga yg ga terlalu berpengaruh. Kembali lg masing2 lb berbeda2.


6. MENTAL

Pernah gantang LB tp cuma mondar mandir dan naik turun sangkar? Atau cuma diem tapi sayap bergetar dan sesekali mengembangkan bulunya? Bisa jadi ada yg di takuti, mungkin takut lawan lb warna bulu ini atau warna paruh itu, takut suasana ini atau takut suasana itu, takut suara ini atau takut suara itu, ini juga jd kunci yg wajib diketahui, karena berhubungan dengan mental. Dirumah durasi 15 menit 10 detik kok di gantangan hanya 10 detiknya yg keluar ya? Jangan samakan di rumah dengan di gantangan. Tekanannya berbeda suasananya berbeda.


Nah mungkin secara garis besar 6 hal itu bisa dijadikan acuan buat belajar memahami karakter LB kita.

Pesan saya buka pikiran lebar lebar lalu pikirkan baik baik masa depan lb kita mau dibawa kemana? Apa ambisi kita itu baik buat LB kita? Apa selama ini udah ngasih yg terbaik buat LB kita? kok pengen LBnya ngsih yg terbaik buat kita. Salam Kicau Mania.











Share this

0 Comment to "MENENTUKAN KARAKTER LOVEBIRD AGAR LB KONSLET DAN NGEKEK PANJANG"

Post a Comment