25 January 2016

Tahun 2015 Google Blokir 780 Juta ‘Bad-ads’



Sebagai salah satu mesin pencari internet terbesar saat ini, Google memang menumpukan salah satu pendapatannya dari iklan. Namun tentunya tak semua iklan yang ditampilkan di situsnya tersebut merupakan iklan yang baik. Setiap tahun Google senantiasa melakukan pembersihan terhadap iklan yang muncul di situsnya. Dan untuk tahun 2015 lalu Google berhasil memblokir sebanyak 780 juta iklan-iklan yang tidak baik atau disebut dengan ‘bad-ads’ dimana angka tersebut naik hampir 50% dibanding tahun 2014.
Selain mengumumkan jumlah bad-ads yang berhasil diblokir, Google juga menyebutkan bahwa selama 2015 mereka telah menghentikan 10.000 situs dan 18.000 akun yang menjual barang palsu serta memblokir lebih dari 12,5 juta iklan yang mencoba menjual obat-obatan terlarang. Disebutkan juga bahwa Google memasukkan 30.000 situs penjual produk penurun berat badan ke dalam daftar hitam Google.
Definisi Google untuk bad-ads sendiri merupakan iklan-iklan yang berisi virus, promosi fiktif atau barang haram, serta iklan yang mengganggu yang menutupi konten. Meskipun Google tidak menjelaskan kebijakan tentang iklan apa yang diijinkan dan apa yang tidak, ini tidak menghentikan para marketer atau penipu untuk mencoba menerobos peraturan yang ada.
Setiap tahun perkembangan iklan yang buruk memang terlihat terus meningkat. Pada tahun 2014, Google sudah menonaktifkan lebih dari 524 juta iklan yang buruk dan melarang 214.000 pengiklan. Sedangkan tahun sebelumnya lagi, Google sudah menghapus 350 juta bad ads dan melarang lebih dari 270.000 pengiklan. Untuk aplikasi mobile sendiri, tahun lalu Google menyatakan sudah memblokir sekitar 25.000 aplikasi.

Share this

0 Comment to "Tahun 2015 Google Blokir 780 Juta ‘Bad-ads’"

Post a Comment