10 April 2018

Cara Meloloh Anakan Lovebird, Teknik Hand feeding (spet) Bayi LB

Cara Mudah Meloloh Anakan Lovebird 



Banyak kawan breeder yang baru terjun didunia ternak lovebird bingung bagaimana cara menyepet anakan lovebird, teknik meloloh anakan lovebird dibawah umur 1 minggu, bagaimana cara hand feeding yang baik dan benar. Meloloh memang sering dilakukan bagi peternak burung supaya anakan lovebird cepat reproduksi lagi hingga bisa menghasilkan keturunan, supaya anakan mampu bertahan hidup,  dan juga menjinakkan anakan lovebird. Namun masih banyak para peternak lovebird masih melakukan banyak kesalahan ketika melakukan pelolohan ini. 


Tentunya jika kesalahan tersebut terus dilakukan maka bisa membahayakan bagi keselamatan lovebird itu sendiri. Untuk Meloloh Anakan Lovebird, perlu memberikan asupan makanan yang tepat. Bagaimana melakukan pelolohan anakan lovebird yang tepat?


kurniawanjaka.blogspot.com


Cara Meloloh Anakan Lovebird


1. Menyiapkan Bubur Pakan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan bubur pakan untuk lovebird. Anda bisa menggunakan nutribird, 123HF starter, atau meraciknya sendiri.

2. Menyiapkan Alat Spetan

Langkah berikutnya yaitu menyiapkan alat spetan. Alat spetan merupakan alat yang berbentuk seperti suntikan bekas yang digunakan untuk meloloh anakan lovebird.

3. Meracik Pakan Lovebird

Langkah selanjutnya yaitu meracik pakan lovebird. Untuk lovebird berumur diatas 7 hari buatlah agak kental. Sedangkan untuk lovebird berumur dibawah 7 hari buatlah pakan yang lebih encer.

4Menempatkan Anakan Lovebird

Tempatkan anakan lovebird yang telah diberi lampu pijar. Pastikan suhu 39-40°C karena suhu tersebut adalah suhu yang ideal bagi anakan lovebird yang baru menetas.
Jarak lampu dengan lovebird usahakan pas, jangan terlalu jauh dan jangan terlalu dekat. Anda bisa tidak menggunakan lampu jika memang ingin hemat listrik. Namun pastikan suhu ruangan tetap hangat.  Setelah 3 hingga 4 mingguan anakan lovebird sudah mulai belajar mengigit. Setelah berumur 1 bulan sudah bisa makan sendiri.



Racikan Bubur dan Pakan Anakan Lovebird Terbaik


Jika lovebird baru menetes, maka berilah pakan starter yang banyak dijual di pasaran atau di toko-toko pakan burung. Selain itu anda juga bisa memberikan pakan untuk anakan lovebird dengan meraciknya sendiri.

Anda bisa meraciknya menggunakan cangkang telur ayam kering, telur, apel, milet, padi dan juga minyak zaitun. Campurkan kesemua bahan tersebut lalu blender sampai halus seperti bubuk susu. Jemur sampai kering, disarankan menggunakan oven. Simpan di tempat yang kering dan rapat.



Jadwal Meloloh Anakan Lovebird


Untuk anakan lovebird yang baru menetas, maka bisa dilakukan pelolohan sebanyak 4 hingga 5 kali sehari. Anda bisa melakukannya pada jam 6 pagi, 10 pagi, 2 siang, 6 sore. Jika anda memulainya pada jam 7 pagi maka anda dapat melakukannya pada jam 7 pagi, 11 pagi, 3 sore, dan 7 malam.

Artinya, pelolohan dilakukan setiap 4 jam sekali. Tentu saja pelolohan anakan lovebird yang berumur kurang dari 1 hari harus dilakukan secara telaten melihat ukurannya yang masih sangat kecil.

Nah bila anakan lovebird kita sudah dewasa dan bisa makan milet sendiri saatnya mulai mempersiapkan setelan dan treatment untuk mencetak lovebird paud berprestasi, seperti pada artikel berikut, Cara Rawatan dan Mencetak Lovebird Paud Jawara.

Demikian artikel tentang Cara Mudah Meloloh Anakan Lovebird Umur Kurang Dari 1 Hari. Semoga sedikit tulisan ini bermanfaat bagi pembaca.






Share this

0 Comment to "Cara Meloloh Anakan Lovebird, Teknik Hand feeding (spet) Bayi LB"

Post a Comment