9 February 2018

Kesalahan Awam Penggunaan Kamera (Kesalahan Pengoperasian Tombol Shutter Speed)

kurniawanjaka.blogspot.com



Kesalahan penggunaan tombol shutter speed - Masalah yang sering muncul namun simpel bagi mereka yang baru mendalami dunia fotografi terasa agak susah dan sangat memperngaruhi pada hasil foto adalah kesalahan pada penggunaan tombol shutter. Seringkali saat saya meminta orang lain, entah itu teman atau orang asing untuk memotret menggunakan kamera DSLR, mereka akan kebingungan saat akan mulai menekan tombol shutter. Jadinya harus ada semacam kursus kilat hanya untuk menerangkan bagaimana menekan tombol shutter yang benar. Berikut adalah beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan oleh orang, saat mereka menekan tombol shutter pada DSLR atau kamera saku miliknya.



1. Langsung menekan tombol shutter kamera sepenuhnya

Hal ini lumrah bagi yang baru pertama kali memegang kamera. Sering juga saya jumpai saat meminta tolong orang asing untuk memotret kami. Entah karena gugup atau bagaimana, setelah diterangkan cara menekan tombol shutter yang benar, orangnya malah langsung menekan sepenuhnya tombol shutter tersebut.
Tentu kita sudah tahu seperti apa foto yang akan dihasilkan, ya foto yang dijepret dengan menekan tombol shutter langsung, hasilnya akan blur atau salah fokus. Jika beruntung, fokusnya akan tepat, jika tidak yah silakan pasrah.
Menekan tombol shutter yang benar adalah dengan menekan separuhnya, tahan, tunggu sampai kamera mengunci fokus, kemudian setelah fokus terkunci (ditandai dengan bunyi bip atau kotak hijau di layar LCD) tekan sepenuhnya tombol shutter.

kurniawanjaka.blogspot.com


Beberapa kendala yang sering kita alami dengan cara seperti di atas adalah saat memotret dalam kondisi remang atau kurang cahaya, kamera akan kesulitan mengunci fokus sehingga bunyi bip yang ditunggu tak muncul-muncul.
Untuk mengatasinya, silakan cari tempat yang cukup terang sehingga tak sulit bagi kamera mengunci fokus atau silakan pilih titik fokus pada bagian tengah yang biasanya paling sensitif. Dengan begitu kamera akan mudah mengunci fokus.
 


2. Setelah shutter ditekan separuh dan fokus terkunci, kamera digerakkan atau berpindah tempat




Hal ini mungkin bagi yang sudah cukup mengerti poin pertama tadi, tapi saat kamera sudah mengunci fokus, orang yang memegang kamera malah bergeser atau kameranya digerakkan. Entah karena dirasa miring atau bagaimana.
Dampaknya juga sama, foto yang dihasilkan akan blur atau tidak fokus. Ketika kamera sudah mengunci fokus, artinya dari jarak kamera ke objek sudah tepat fokusnya. Jika anda bergeser otomatis jarak tadi berubah, maka titik fokusnya pun ikut bergeser.
Untuk mengatasinya tentu jangan mengubah posisi kamera anda jika sudah terkunci fokusnya atau jika memang harus bergeser atau berpindah, lakukan urutan poin satu dari awal. Lepaskan shutter, kemudian mulai lagi, tekan separuh, tahan sampai fokus terkunci lalu tekan shutter kamera sepenuhnya.



3. Mengubah zoom lensa setelah fokus terkunci



Sesaat setelah tombol shutter kamera ditekan separuh dan  kamera mengunci fokus, ada beberapa orang malah memutar barel zoom lensa, mungkin karena dirasa ada orang yang tak masuk frame atau komposisi yang kurang berkenan.
Jika anda memutar barel zoom lensa setelah mengunci fokus, maka otomatis titik fokusnya juga akan berubah. Dalam hal ini berlaku seperti di poin nomor dua tadi.
Untuk mengatasinya, pastikan komposisi yang diinginkan sudah tepat sebelum memencet tombol shutter. Untuk mempermudah melihat apakah semua orang sudah masuk frame atau tidak, gunakanlah live view di LCD kamera.
Menggunakan live view akan sangat mempermudah, terutama jika anda meminta tolong pada orang yang belum terbiasa memotret menggunakan kamera apalagi melihat melalui viewfinder. Selain itu hasil foto akhirnya juga sudah mudah diprediksi.

Semoga dengan lebih memahami cara penggunaan kamera yang benar, maka sobat bisa menghasilkan foto yang bagus, dan tidak kehilangan moment berharga. 



Baca juga : MENGHASILKAN FOTO YANG BAGUS DENGAN MENGETAHUI KONSEP ISO,    APPERTURE, DAN SHUTTER SPEED PADA KAMERA


 




Share this

0 Comment to "Kesalahan Awam Penggunaan Kamera (Kesalahan Pengoperasian Tombol Shutter Speed)"

Post a Comment