30 November 2016

KELEBIHAN LENSA KIT




KURNIAWANJAKA.BLOGAPOT.COM
Lensa kit adalah  lensa yang dijual dengan kamera. Rata-rata lensa kita mempunyai tampang yang kurang, materialnya terlihat ringkih dan spesifikasinya tidak bisa bikin bangga, tapi lensa kit adalah opsi yang sempurna untuk mereka yang memulai ketertarikan dalam dunia fotografi.
Berikut ini 7 keistimewaan lensa kit : 


1. Memiliki 4 Panjang Focal Klasik
Sebuah lensa kit mempunyai 4 panjang focal klasik, dengan kata lain lensa kit dapat menggantikan empat lensa prime sekaligus. Empat panjang focal klasik adalah: 28mm, 35mm, 50mm dan 85mm.









2. Kecil Dan Ringan
Lensa kit yang sering di jual satu paket dengan kamera adalah lensa 18 – 55mm. Lensa ini tampak polos, tapi perlu diingat dia sangat enteng dan mungil.
Kalau anda berjalan jauh atau melakukan perjalanan wisata, bobot dan ukuran ini sangat disyukuri.

3. Filter Lebih Murah
Filter lensa masih akan tetap berguna, meski kita hidup dalam era digital. Dan untuk filter berlaku juga hukum ini: makin besar diameter filter maka harganya semakin mahal.
Lensa kit dasar seperti yang sudah kita sebutkan di atas mempunyai ukuran fisik yang kecil, maka otomatis membutuhkan ukuran filter yang kecil pula.

4. Memiliki Minimum Focusing Distance yang baik
Kita memang tidak terlalu berharap banyak bisa menyamai kemampuan lensa makro, tapi lensa kit secara mengejutkan mempunyai MFD lebih bagus jika dibandingkan dengan lensa yang mahal.

5. Hanya Membeli Yang Kita Butuhkan
Ada sebuah ungkapan yang berarti dalam fotografi (dan mungkin juga untuk bidang lain): saat kita bingung harus membeli sesuatu, berarti kita tidak atau belum butuh. Saat anda sudah memakai lensa kit dalam jangka waktu yang cukup lama maka anda akan cukup tahu seluk beluk dalam fotografi.
Saat anda tahu jika selera dan passion anda adalah memfoto pemandangan dan juga anda sudah “tumbuh” melebihi kemampuan lensa kit , maka belilah lensa yang khusus untuk pemandangan: 10–22mm atau 12 sampai 24mm.

6. Murah Belum berarti Jelek
Lensa kit dapat dijual sangat murah karena produsen bisa memproduksi lensa kit dalam jumlah yang banyak sehingga biaya produksi dapat ditekan dan ongkos pembuatannya makin murah.
Anda juga tahu kenapa lensa dari Canon 600mm f/4 L dapat dijual dengan harga sekitar Rp. 135 Juta? selain membutuhkan material yang banyak dan juga lebih baik, juga karena lensa ini dibuat dalam jumlah yang sedikit sehingga ongkos produksinya membesar.

7. Penghematan Dapat Dipakai Membeli Yang Lain
Saat ini jika kita mau membeli Nikon D3200 ditambah lensa kit 18–55mm, total pembelian keduanya adalah sekitar Rp. 5 Juta. Padahal saat kita mau membeli kamera Nikon D3200 harganya sekitar Rp. 4,5 Juta. jadi lens kit dihargai Rp.500 ribu.

Share this

0 Comment to "KELEBIHAN LENSA KIT"

Post a Comment